DKA membeli lokomotif CC 200 sebanyak 27 buah. Sejak itu pula lokomotif asal paman sam ini,perlahan-lahan mulai menggantikan dinasan lokomotif uap yang mulai menua baik untuk menarik kereta penumpang maupun kereta barang. Pada waktu itu lokomotif CC 200 memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan lokomotif uap. Lokomotif berkabin ganda ini, dapat melewati hampir seluruh lintasan kereta api. Itulah sebabnya gelombang impor lokomotif diesel terus berlanjut, baik lokomotif diesel elektrik maupun diesel hirolik. Diantaranya;C 300, C 301, D 300, D 301, BB 300, BB 302, BB 303, BB 304, BB 200, BB 201 dan BB 202.
Namun lokomotif-lokomotif yang didatangkan tersebut, semuanya berkekuatan dibawah lokomotif CC 200, yaitu 1.750 HP. Oleh karena itu, ketika sebuah kapal besar asal Amerika Serikat merapat di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta pada tahun 1977, dengan membawa tujuh lokomotif yang lebih perkasa dibanding lokomotif CC 200, para petinggi Perusahaan Djawatan Kereta Api (PJKA) menyambutnya dengan wajah gembira. Lokomotif diesel elektrik generasi kedua CC 200 ini dikabarkan memiliki kekuatan yang lebih tangguh, 1.950 HP. Lokomotif ini diberi nomor seri CC 201.
Ini adalah gambar dari lokomotif CC 200 yang di impor dari Amerika sejak tahun 1953
Ini adalah gambar lokomotif CC 201 buatan Amerika buatan tahun 1977
Berarti,DKA Membeli Lokomotif Ini Pd Tahun 1953?
BalasHapusYa
HapusTapi Loko CC 201 diimpor DKA pada tahun 1977